FUNGSI SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Feri Riski Dinata STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Hotman Sugeng Ritonga Universitas Islam An Nur Lampung
  • Dedi Gunawan
  • M. Tariq Nailurrachman Universitas Islam An Nur Lampung
  • M. Nasor Nasor Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.63097/awh.v4i2.55

Keywords:

Supervisi, Mutu, Pendidikan

Abstract

Pendidikan di Indonesia belum maksimal, padahal Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak Sumber Daya Manusia (SDM). Tetapi SDM tersebut belum mampu bersaing secara internasional hal ini disebabkan oleh prestasi yang masih rendah. Penelitian ini merupakan studi pustaka terhadap mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder.  Sumber data diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan (library study) yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline seperti: jurnal ilmiah, buku dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa supervisi dirancang untuk mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme guru sehingga guru tersebut dapat berkembang dalam pekerjaannya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Hasil dari penelitian menunjukkan supervisi pendidikan memiliki fungsi berupa koordinator, konsultan, evaluator. Langkah-langkah dalam melakukan supervisi dibagi kedalam 3 langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.

Published

2023-12-30

How to Cite

Dinata, F. R. ., Ritonga, H. S. ., Gunawan, D., Nailurrachman, M. T., & Nasor, M. N. (2023). FUNGSI SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 11-21. https://doi.org/10.63097/awh.v4i2.55