PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL “LEMPAR KARET” UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan permainan tradisional 'Lempar Karet' dalam pembelajaran matematika perkalian terhadap keterampilan sosial siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi literatur. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa penggunaan permainan tradisional ini memiliki pengaruh positif terhadap pengembangan keterampilan sosial siswa. Permainan 'Lempar Karet' memungkinkan siswa untuk berinteraksi, berkomunikasi, bekerja sama, dan mengembangkan keterampilan kerjasama, komunikasi, kepemimpinan, dan empati. Selain itu, permainan ini juga membantu siswa dalam mengatasi rasa takut atau kecemasan terhadap matematika. Penggunaan permainan tradisional menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, interaktif, dan mendukung pembelajaran matematika yang efektif. Implikasi penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan minat, motivasi, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, dan transfer pemahaman siswa. Guru dan pendidik dapat mempertimbangkan penggunaan permainan tradisional seperti 'Lempar Karet' dalam pembelajaran matematika sebagai alternatif yang menarik dan efektif. Penelitian ini memberikan landasan teoritis yang kuat dan pemahaman mendalam tentang pengaruh penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika perkalian di Sekolah Dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Tiara Novita Lestari, Arissona Dia Indah Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.