PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BALAP KARUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KECEPATAN DAN JARAK
Abstract
Penelitian ini membahas penerapan permainan tradisional balap karung dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi kecepatan dan jarak. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendalami dampak positif permainan ini terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, meningkatnya minat dan motivasi belajar, serta pengembangan keterampilan sosial melalui interaksi dalam permainan. Strategi pembelajaran yang efektif, termasuk menyusun rencana terstruktur, mengaitkan konsep matematika dengan permainan, dan menghadirkan variasi, diidentifikasi sebagai faktor peningkat kualitas pembelajaran. Evaluasi keberhasilan penerapan permainan balap karung melibatkan pendekatan holistik dengan tes, observasi, portofolio, dan feedback siswa. Analisis perbandingan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan permainan menjadi indikator utama keberhasilan. Secara keseluruhan, integrasi permainan balap karung tidak hanya meningkatkan pencapaian akademis, tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran positif dan motivatif.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Lutfiah Ainun Jariyah, Arissona Dia Indah Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.