PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU INTERNET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
(STUDI KASUS PADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG)
Abstract
Layanan internet telah menjadi kebutuhan yang semakin meningkat di daerah perkotaan dan pedesaan. Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer di seluruh lapisan masyarakat, baik pelajar, guru, wirausaha, dan dunia kerja lainnya. Keputusan untuk membeli suatu produk tertentu terkadang merupakan hasil dari proses yang panjang dan kompleks yang mencakup pencarian informasi, membandingkan berbagai merek, dan aktivitas lainnya. Menurut Kotler, harga adalah sejumlah uang yang ditukarkan dengan suatu barang atau jasa.Menurut Kotler dan Armstrong, kualitas produk adalah atribut suatu produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang dinyatakan atau diasumsikan. Ardianto Biring Langi menyatakan dalam Bukhari Alma bahwa keputusan pembelian adalah keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh ekonomi finansial, teknologi, politik, budaya, produk, harga, tempat, penawaran, bukti fisik, orang, proses. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif partial least square (smartPLS 4) dalam pengolahan datanya. yang menjadi lokasi penelitian untuk mendapatkan informasi, data dan keterangan-keterangan yang berkaitan dengan kepentingan penelitian yaitu bertempat di Uin Raden Intan Lampung.Populasi ini adalah Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung. Data dari kuisioner berjumlah 93 Responden. Di peroleh hasil Hipotesis H1 : Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. H2 : Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kartu internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Surohit , Nurul Kholiqoh, Nurul Sa’adah, Syahid Amrullah, Vicky F. Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.