METODE SOROGAN SEBAGAI PENGUAT KEILMUAN DI PONDOK PESANTREN AS-SALMA BAHRUL ‘ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG
Abstract
Metode pembelajaran merupakan suatu komponen sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru bukan dituntut untuk handal dalam bidang keilmuannya saja, namun bagaimana dan dengan cara apa agar guru bisa mengatur pembelajaran. Ibarat sebuah pabrik yang memiliki segudang bahan produksi namun tidak memiliki cara dan metode yang akan digunakan untu memproduksi suatu barang, semua itu akan sia-sia. Sorogan merupakan salah satu jenis metode pembelajaran ala pesantren salafiyah. Dari metode inilah pesantren akan mengerti sampai mana kemampuan seorang santrinya, sehingga santri pulang dari pesantren telah membawa bekal untuk dikembangkan di masyarakat. Itulah yang sebenarnya diharapkan oleh pesantren, yaitu dapat membawa kebaikan untuk umat. Dalam pembahasan metode sorogan ini, penulis akan menjelaskan metode sorogan yang digunakan pada salah satu pesantren, yaitu Pondok Pesantren As-Salma Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Pada pesantren As-Salma ini tidak jauh berbeda metode sorogan yang dilakukan oleh pesantren lainnya. Metode ini sangat membantu pesantren as-Salma dalam mengenal dan mengetahui seberapa jauh pemahaman dari setiap orang peserta didiknya. Maka dari itu tidak jarang kita temui di kalangan pesantren mengenai metode sorogan ini.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Ahmad Rizqi, Sabrina Fatimah Brilianti, Rahma Zabrina, Abdullah Zaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.