IMPLEMENTASI METODE BERVARIASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA AMANATUL UMMAH SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban mengenai bagaimana penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran SKI pada peserta didik kelas XI MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan pendidik SKI dan beberapa peserta didik kelas XI MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya pada tanggal 14 Juni 2023. Setelah data terkumpul, data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan disimpulkan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mata pelajaran SKI kelas XI MA Unggulan Amanatul Ummah menggunakan metode bervariasi karena dalam pelaksanaannya menggunakan berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah, kisah, tanya jawab, diskusi, dan video based learning atau cara penyampaian materi dengan menggunakan video. Respon peserta didik terhadap penggunaan variasi metode dalam pembelajaran SKI ini tampak menyenangkan, hal ini terlihat dari semangat belajar mereka ketika materi SKI disampaikan dengan metode yang berbeda-beda. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala yaitu karena terbatasnya waktu pelajaran SKI yang menghambat kemampuan pendidik untuk menyampaikan materi secara luas dan menyeluruh.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Miftahur Rizqi, Abdullah Zaini, Putri Durrotul Fadhila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.