Menghadapi Tantangan New Normal: Kesiapan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Dalam Pembelajaran Tatap Muka

Authors

  • Hendy Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Way Kanan

Keywords:

Tantangan New Normal, Pendidikan Jasmani, Pembelajaran Tatap Muka

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam menghadapi tantangan pembelajaran tatap muka pada masa endemi menuju masa new normal. Peraturan-peraturan pemerintah sebagai bentuk evaluasi pembelajaran masa pandemi yang berdampak pada beberapa mata pelajaran yang bersifat praktek maupun non praktek, pembelajaran daring (dalam jaringan) yang bersifat online akan menjadi kembali dilakukan upaya pembelajaran dilakukan secaea tatap muka. Penelitian ini menekankan data analisis deskriptif dengan pendekatan metode kualitatatif. Pengumpulan data dilakukan di SMK PGRI Sumber Agung dengan informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, WaKa Kurikulum, Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, serta beberapa informan dari siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini yaitu persiapan Guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam pembelajaran tatap muka yang menekankan penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk penanggulangan penyebaran virus covid-19.

Published

2022-05-12 — Updated on 2022-08-23

Versions

How to Cite

Pratama, H. (2022). Menghadapi Tantangan New Normal: Kesiapan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Dalam Pembelajaran Tatap Muka. Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 97-106. Retrieved from https://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/35 (Original work published May 12, 2022)