Peningkatan Pasrtisipasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Mata Pelajaran Tematik Materi Bahasa Indonesia
Keywords:
Partisipasi Belajar, Strategi Pembelajaran, Materi Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik Materi Bahasa Indonesia di Kelas V MI Ma’arif Bumi Baru. Peneliti menggunakan Strategi “Every One Is a Teacher Here” dalam penyajian pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode Penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam istilah bahasa Inggris penelitian tindakan kelas disebut dengan Classroom Action Research (CAR), yang bermakna penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Pada prinsipnya PTK dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat di dalam kelas. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan metode pembelajaran everyone is a teacher here mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia ke arah yang lebih baik ini didtunjukkan dari hasil peraspek dimanana Hasil akhir siklus penelitian rata-rata Partisipasi bertanya 58,62%, partisipasi menjawab pertanyaan guru 72,41%. Partisipasi mengerjakan tugas secara tuntas 75,86%, berdikusi sebesar 72,41%, mencatat penjelasan guru 72,41%, menyelesaikan soal di depan kelas 72,41%, mengerjakan tes secara individu sebesar 75,86% dan meyimpulkan materi pelajaran sebesar 79,31%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran “Every One Is a Teacher Here” dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan partisipasi belajar.
Published
Versions
- 2022-08-23 (3)
- 2022-08-23 (2)
- 2022-05-12 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Indasari, Sudawan Supriadi, ABD Manan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.