Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Eksperimen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 01 Tanjung Serupa

Authors

  • Prio Utomo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Way Kanan

Keywords:

Metode Tanya Jawab, Eksperimen, Hasil Belajar, dan Matematika

Abstract

Penyelesaian masalah dalam pembelajaran Matematika harus dilakukan pendidik sejak dini untuk melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tanya jawab dengan eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN 01 Tanjung Serupa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan metode gabungan. Metode ini berguna saat metode kuantitatif dan kualitatif tergabung menjadi satu dan sering disebut dengan mixed methods. Dari hasil pree-test diperoleh ketuntasan 65% dengan nilai rata-rata 65. Pada post-test diperoleh ketuntasan 90% dengan hasil nilai rata-rata 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan metode tanya jawab dengan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar.

Published

2022-05-12 — Updated on 2022-08-23

Versions

How to Cite

Utomo, P. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Eksperimen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 01 Tanjung Serupa. Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 49-58. Retrieved from https://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/30 (Original work published May 12, 2022)