Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Dengan Eksperimen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 01 Tanjung Serupa
Keywords:
Metode Tanya Jawab, Eksperimen, Hasil Belajar, dan MatematikaAbstract
Penyelesaian masalah dalam pembelajaran Matematika harus dilakukan pendidik sejak dini untuk melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tanya jawab dengan eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN 01 Tanjung Serupa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan metode gabungan. Metode ini berguna saat metode kuantitatif dan kualitatif tergabung menjadi satu dan sering disebut dengan mixed methods. Dari hasil pree-test diperoleh ketuntasan 65% dengan nilai rata-rata 65. Pada post-test diperoleh ketuntasan 90% dengan hasil nilai rata-rata 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan metode tanya jawab dengan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar.
Published
Versions
- 2022-08-23 (2)
- 2022-05-12 (1)
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Prio Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.