Pengembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Pola Gambar Kelinci dengan Media Daun Kering Di TK Miftahul Huda Pisang Baru

Authors

  • Uswatun Chasanah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Way Kanan
  • Hendy Pratama

Keywords:

Motorik Halus, Kegiatan Kolase , Pola Gambar Kelinci, Media Daun Kering

Abstract

Penelitian pada anak di TK Miftahul Huda ini dilatarbelakangi oleh kamampuan motorik halus anak yang belum berkembang secara optimal, hal ini disebabkan oleh kurangnya pengembangan serta latihan motorik halus anak, sementara itu kegiatan pembelajaran di KB Permata Hati umumnya lebih menekankan pada kegiatan mengasah kognitif dan bahasa karena anak akan memasuki masa SD. Kegiatan kognitif dan bahasa penting diberikan terus menerus sebagai persiapan anak masuk kejenjang yang lebih lanjut. Untuk itu guru kurang memberi keleluasaan kepada anak untuk melatih koordinasi mata dan tangan. Salah satu kegiatan yang bisa mem-


pengaruhi kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media daun kering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan motorik halus melalui kegiatan kolase pada pola gambar kelinci dengan media daun kering di TK Miftahul Huda Pisang Baru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu bentuk penelitian yang memberikan gambaran mengenai objek yang diamati atau fokus penelitian. kegiatan kolase dapatmengembangkan kemampuan motorik halus anak, karena dengan kegiatan kolase yang menarik dan unik dengan menyusun, merobek dan menempelkan potongan –potonganbenda kecil akan dapat melatih ketelitian anak, kesabaran, kejelian, serta kerapian anak dalam membuat hasilnya dengan koordinasi mata dan tangan sehingga anak semakin berkembang motorik halusnya.

Published

2022-05-12

How to Cite

Chasanah, U., & Pratama, H. (2022). Pengembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Pada Pola Gambar Kelinci dengan Media Daun Kering Di TK Miftahul Huda Pisang Baru. Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 1-8. Retrieved from https://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/25