Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Kelas VA SD Negeri 01 Kota Baru

Authors

  • Suranto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Way Kanan
  • Uswatun Chasanah STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan
  • Muhammad Ilyas STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan

Keywords:

Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang penulis temukan pada siswa kelas VA SD Negeri 01 Kota Baru, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan adalah umpan balik dari siswa pada proses pembelajaran belum optimal serta interaksi antar siswa tidak terjadi karena tidak adanya pembagian kelompok belajar. Keadaan seperti ini hanya mengarahkan siswa pada pencapaian ranah kognitif saja. Sementara itu, ranah afektif dan ranah psikomotor belum tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), dan mengetahui  hasi belajar siswa sesudah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).  Penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflek dengan melakukan atau meningkatkan pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 61,11% pada siklus II mencapai 94,44% hal ini berarti mengalami peningkatan skor sedang. maka dapat ditarik kesimpulan yaitu pembelajaran yang dilaksanakan dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA tema 5 ekosistem pada siswa kelas VA SD Negeri 01 Kota Baru, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan tahun pelajaran 2021/2022.

Published

2022-05-12 — Updated on 2022-08-23

Versions

How to Cite

Suranto, Chasanah, U., & Ilyas, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Kelas VA SD Negeri 01 Kota Baru . Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 107-116. Retrieved from http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/36 (Original work published May 12, 2022)