Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Suasana Disiplin Kerja Tenaga Guru Di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan

Keywords:

Kepemimpinan, Kepala Sekolah, dan Disiplin Kerja

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian  adalah terdapat beberapa orang tenaga kependidikan khususnya guru yang masih melanggar peraturan sekolah, seperti datang terlambat, pulang sebelum waktunya dan masih juga terdapat tenaga guru yang meninggalkan pekerjaannya demi kepentingan pribadinya. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian gabungan (Maxing Method), yaitu metode penelitian kombinasi antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam satu kegiatan penelitian untuk menyelesaikan masalah penelitian dengan ditandai adanya data yang lebih komprehensif, valid, reliabel, dan objektif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMK Negeri 1 Pakuan Ratu, memiliki tujuh peranan dalam meningkatkan suasana disiplin kerja tenaga guru yaitu : sebagai educator,  manager,  administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator yang dilakukan berbagai kegiatan yang dapat memberikan semangat dalam kerja, serta mengikut sertakan seluruh tenaga kependidikan dalam setiap kegiatan tersebut. Kemudian setelah dilakukan penekanan terhadap peran kepemimpinan kepala sekolah terjadi peningkatan kedisiplinan waktu, yaitu 85% menjadi 97,77%, kedisipinan seragam, yaitu 92,77% menjadi 98,88% dan tanggung jawab guru yaitu 87,22% menjadi 98.33%.

Published

2022-05-12 — Updated on 2022-08-23

Versions

How to Cite

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Suasana Disiplin Kerja Tenaga Guru Di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan. (2022). Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 69-78. Retrieved from http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/32 (Original work published May 12, 2022)