Peran Digital Parenting Sebagai Edukasi Perkembangan Anak Usia Dini yang Berkualitas Di TK Bahrul Huda Karangan

Authors

  • Hendy Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Way Kanan

Keywords:

Digital Parenting, Edukasi, Perkembangan Anak, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur mengenai digital parenting sebagai bentuk edukasi orang tua untuk memantau perkembangan pada anak usia dini yang berkualitas dalam pemanfaatan dan penggunaan teknologi digital. Digital parenting dibuat untuk mengedukasi para orangtua bagaimana menjadi orangtua bijak di era digital dengan memberikan pemahaman tentang dampak positif dan negatif gadget bagi anak. Paradigma yang dibangun di era digital setidaknya memperhatikan realitas kondisi mengacu kepada realitas generasi saat ini yang sangat dekat sekali dengan dunia teknologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Adapun hasil peran orang tua dalam melakukan digital parenting ialah: (1) memahami potensi dan perkembangan anak; (2) mendampingi proses belajar anak dengan media digital sebagai sarana pendidikan; (3) mampu mengenali dampak media digital; (4) mampu mengontrol penggunaan media digital.

Published

2022-05-12 — Updated on 2022-08-23

Versions

How to Cite

Pratama, H. (2022). Peran Digital Parenting Sebagai Edukasi Perkembangan Anak Usia Dini yang Berkualitas Di TK Bahrul Huda Karangan. Jurnal Al-Hikmah, 1(2), 9-18. Retrieved from http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/26 (Original work published May 12, 2022)